Apapun hasilnya, Jokowi-Ahok lah pemenangnya!!!

Pemilukada DKI tinggal menghitung jam. Masing masing tim sukses pasti gusar malam ini. Hasil dari segala persiapan, usaha dan kerja keras mereka akan terlihat besok . Malam ini akan menjadi malam yang sangat panjang. Kedua pasang kandidat juga mungkin saja merasa malam ini sedikit berbeda. Besok, Kamis 20 September adalah akhir dari pertarungan panjang. Segala upaya telah dikerahkan oleh masing masing tim sukses untuk menarik dan mempertahankan pemilih. Kampanye yang dilakukan juga semakin panas. Bukan saja adu program dan visi misi,  pertarungan selama ini sudah melibatkan adu modal, adu karakter, adu kekuatan partai, adu kreatifitas, adu dukungan dan lainnya. Pasangan nomor urut 1, Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli tentunya tidak mau kecolongan lagi akan kekalahan yang mengejutkan pada putaran pertama. Segala upaya telah dimaksimalkan, tim sukses dipaksa bekerja keras.

            Apa yang terjadi selama masa dimulainya tahapan Pemilikada DKI adalah suatu masa yang riuh, gegap gempita. Jakarta dan segala isinya sibuk akan persiapan pesta demokrasi. Masyarakat Jakarta terlihat cukup antusias ikut serta. Suasana semakin panas ketika menjelang pemungutan suara putaran kedua, yang menyisakan dua pasang untuk bertarung. Pasangan nomor urut 1 Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli dan pasangan nomor urut 2 Joko Widodo-Basuki T Purnama akan kembali bertarung untuk merebut hati rakyat Jakarta.

Ada yang menarik melihat fenomena Pemilukada DKI Jakarta kali ini. Tidak bisa dipungkiri, Jokowi-Ahok telah menjadi magnet  Pemilukada. Semua mata tertuju pada mereka. Pasangan yang awalnya tidak diprediksi mendulang suara yg signifikan justru memimpin pada ronde pertama. Jokowi-Ahok telah membawa nuansa baru dalam perhelatan pemilihan Kepala Daerah kali ini. Sesuai judul tulisan ini, apa pun hasilnya besok, walaupun Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli yang akan keluar sebagai pemenang, Jokowi-Ahok lah pemenang sesungguhnya. Kiprah dan sepak terjang mereka semenjak dipasangkan oleh Prabowo dan Megawati sangat menakjubkan. Strategi kampanye mereka  benar benar efektif dan luar biasa. Jika selama ini politik hanyalah urusan perbincangan seputar warung kopi, Jokowi “memaksa” masyarakat Jakarta bahkan seluruh Indonesia untuk memperbincangkan dan membahas tentang Pemilukada DKI Jakarta.

Mulai dari strategi baju kotak kotak mereka yang sangat populer,pengumpulan dana melalui penjualan baju kotak kotak, boneka kotak kotak dan pernak pernik Jokowi-Ahok lainnya. Mayoritas masyarakat Indonesia mungkin mengidentikkan hal hal yang berbau kotak kotak adalah Jokowi. Serbet lap tangan yang kotak kotak juga akan diidentikkan dengan Jokowi. Kotak kotak telah menjadi trendsetter di negeri ini. Keterlibatan masyarakat juga menakjubkan. Masyarakat yang ingin mendukung Jokowi tergabung sebagai relawan relawan dalam berbagai tim yang bersedia bekerja tanpa mendapatkan upah, hanya sekedar uang transport saja. Selain mesin partai PDIP dan Gerindra, relawan relawan dari berbagai komunitas dan latar belakang bahu membahu bekerjasama memenangkan Jokowi. Hal ini berbuah manis dilihat dari hasil ronde pertama.

Segala bentuk hasil kreatifitas juga bermunculan dalam upaya memenangkan Jokowi. Sangat terlihat, kaum muda yang energic dan kreatif menyokong pasangan ini. Game online Jokowi juga hasil dari kreatifitas para relawannya. Belakangan tim Foke juga mengikuti strategi ini. Puluhan Video video kocak dukungan terhadap pasangan ini bergentayangan dilaman youtube. Kocak sekali.  Hal yang paling mengesankan adalah video One Direction-versi Jakarta Baru yang sangat keren. Belakangan lagu ini menjadi semacam lagu wajib atau theme song pasangan ini. Lagu ini menjadi pengiring flash mob Jakarta Baru di Bundaran HI oleh ribuan massa Jokowi-Ahok pada kampanye terakhir putaran kedua Minggu 16 September. Begitu besarnya antusiasme masyarakat yang menyemut disekitaran Bundaran HI. Video video amatirnya menghiasi laman youtube. Jokowi-Ahok juga memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dalam mendukung kampanye mereka. Kampanye melalui Skype diadakan ketika Jokowi masih di Solo untuk menunaikan tugasnya.

Perjalanan pasangan ini tidak terlepas dari isu isu negatif yang berseliweran. Isu SARA menjadi hal yan paling sering muncul. Dilaman twitter Akun @TrioMacan2000 tak henti hentinya menyudutkan pasangan ini. Isu adanya sokongan dana dari Vatikan, keterlibatan Prabowo sebagai pelanggar HAM dan banyak lagi yang menyudutkan. Mengikuti perjalanan Pemilukada DKI yang akan bermuara esok hari banyak hal yang menadi inspirasi. Bagi yang ingin mencalonkan diri dalam Pemilukada di daerah lain, apa yang telah dilakukan pasangan Jokowi dapat menjadi inspirasi. Mereka menggerakkan masyarakat untuk berkreasi dan mendayagunakan segenap potensi dalam meraih simpati. Kaum kaum muda yang energic dan kreatif turut ambil bagian dalam tim mereka. Langkah langkah kampanye mereka seperti minim spanduk patut dicontoh. Banyak hal yang lebih efektif dan efisien.

Besok, Kamis 20 September 2012 adalah hari penentuannya, seandainya  pasangan nomor urut 3 Jokowi-Ahok tidak berhasil menjadi pemenangnya, tidak bisa dipungkiri Jokowi-Ahok sudah menginspirasi. Itulah kemenangan sejati.

 

 

 

| Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.