Powerful Times: Rising to The Challenge of Our Uncertain World

Tulisan ini didasarkan atas buku Eamonn Kelly yang berjudul “Powerful Times: Rising to The Challenge of Our Uncertain World” yang diterbitkan oleh Wharton School Publishing  pada tahun 2006 di New Jersey, United States of America. Adapun yang akan dijelaskan dalam tulisan ini adalah tentang ramalan, perkiraan atau pendapat Eamonn Kelly tentang apa yang sedang terjadi sekarang dan apa yang akan terjadi dimasa yang akan datang terkait dengan perkembangan agenda dunia dan kehidupan umat manusia. Eamonn Kelly menjelaskan tentang beberapa ketegangan dunia (seven pairs of  forces are in “dynamic tension”) serangkaian ketegangan dinamis yang akan mengubah ekonomi, budaya dan kondisi geopolitik dunia dan kehidupan umat manusia dimasa depan. Kelly juga mengemukakan tentang ramalan dan pendapatnya tentang bagaimana upaya atau rencana untuk membuat dunia menjadi lebih baik dengan beberapa solusi yang ditawarkannya.

Salah satu hal yang penting dalam studi-studi stratejik (strategic studies) adalah bagaimana menganalisa kondisi yang terjadi saat ini dan bagaimana menggambarkan atau meramalkan kondisi dunia beberapa tahun kedepan. Tentu saja hal tersebut diperlukan karena perubahan dunia yang berlangsung sangat cepat telah mengakibatkan perubahan kondisi negara-negara di dunia. Kita tidak dapat mengantisipasi tentang apa yang akan terjadi tanpa terlebih dahulu mengerti dan memahami tentang apa yang terjadi pada saat ini. Memahami apa yang sedang terjadi dan memprediksi masa depan diperlukan sebagai dasar dalam mengambil suatu kebijakan dalam perencanaan kedepan.  Hal ini bukan hanya dalam hal perencanaan dibidang pertahanan dan keamanan melainkan juga dalam hal perencanaan ekonomi, sosial, budaya sebagai usaha antisipasi kemungkinan yang terjadi di masa depan dan juga sebagai sebuah strategi dalam mencapai atau  mempertahankan eksistensi suatu negara dan menjaga kestabilan kondisi global.

Kelly dalam bukunya mengemukakan pendapat tentang apa yang terjadi saat ini dalam tataran global. Perkembangan peradaban yang mengakibatkan perubahan dalam berbagai aspek seperti kehidupan sosial, ekonomi, politik masyarakat dunia dan negara negara. Perkembangan ekonomi global dan peningkatan ekonomi beberapa negara yang ditandai dengan kemajuan juga diikuti dengan ketimpangan dan polarisasi yang cukup signifikan. Peran Amerika Serikat yang masih mendominasi dalam berbagai hal juga masih mewarnai dunia internasional. Kelly menggambarkan dunia dalam era transformasi dengan beberapa premis seperti ketidakpastian dalam berbagai kondisi di dunia; ketidaksiapan dalam era transformasi; perubahan yang rumit, bersifat paradoks dan saling berlawanan; tantangan dan kesempatan yang sangat besar telah menanti; tidak ada pemain tunggal yang mendominasi.

Dalam bukunya, Kelly menjelaskan tujuh pasang kekuatan dalam ketegangan dinamis yakni Kejelasan dan Kegilaan (Clarity and Craziness), Sekuler dan Sakral (Secular and Sacred), Kekuatan dan Kerentanan (Power and Vulnerability), Percepatan dan Dorongan Mundur Teknologi (Technology Acceleration and Pushback), Perekonomian Fisik dan Abstrak (Intangible and Physical Economies), Kemakmuran dan Kemerosotan (Prosperity and Decline), Manusia dan Planet (People and Planet). Pasangan pasangan ketegangan tersebut ada bersama sama di masa kini dan akan berkembang bersama dimasa depan. Dunia bergerak maju ke dua sisi tegangan secara bersamaan.

Kejelasan dan Kegilaan (Clarity and Craziness). Dunia semakin transparan sehingga memungkinkan transformasi yang cepat dan luar biasa yang dapat mengubah kehidupan menjadi lebih baik atau lebih buruk. Banyak gejala yang membuat dunia menjadi lebih transparan, dan paling nyata adalah pengaruh internet yang dapat menghubungkan segalanya. Keterbukaan informasi dan pengawasan dalam hampir semua bidang juga meningkat. Ketersediaan, pengumpulan, dan pengintegrasian gambar dan informasi lain yang tidak terduga telah membuat perilaku dan interaksi dalam kehidupan manusia semakin mudah diawasi dan diamati sehingga privasi setiap individu akan terganggu. Dalam dasawarsa mendatang, tanpa ragu ragu, kecurigaan juga akan semakin berkembang. Semakin banyak berita kebohongan, salah informasi, teori konspirasi dan berita penipuan.

Sekuler dan Sakral (Secular and Sacred). Dunia juga dihasapkan pada dua fenomena yang semakin berkembang yakni sekulerissi dan sakral, pengembangan fundamentalisme agama. Perkembangan sekulerisme pada masyarakat barat didorong oleh faktor antara lain penyebaran bisnis yang berdasar pada praktik dan pendekatan yang sudah terbukti di seluruh dunia dan di seluruh sektor kegiatan. Model bisnis barat yang sangat sekuler. Sekulerisme mempercepat pragmatisme potensi optimisme yag menempatkan nilai tertinggi pada pengetahuan, wawasan dan ide yang dapat menyelesaikan dan mengatasi masalah yang penting bagi sebagian besar umat manusia. Fundamentalisme agama juga berkembang pesat. Fundamentalisme islam dan Kristen berkembang. Kebangkitan spritualitas  menjadi jalan lain menuju sakral.

Kekuatan dan Kerentanan (Power and Vulnerability).  Berakhirnya perang dingin telah menyisakan Amerika Serikat menjadi satu satunya kekuatan besar dunia. AS unggul dalam bidang inovasi, kekuatan ekonomi dan penyebaran budaya. AS tidak menginginkan kekaisaran dalam artian dominasi penaklukan karena dominasi menuntun tanggung jawab. AS menginginkan keamanan dan kepastian bahwa zona tak berhukum yang mengancam tatanan dunia yang stabil dapat dikendalikan. AS berperan sebagai polisi dunia. Kekuatan AS dalam dominasi dan keunggulan militernya tumbuh melalui penyatuan empat faktor yakni skala langkah militer dalam lingkungan kekuatan yang dimiliki; posisi AS, militer AS diatur agar dapat menjelajahi jauh dari tanah air dari pada mempertahankan tanah airnya sendiri; kekuatan sebagai evolusi kemampuan teknologi yang berkelanjutan; Intelijen sebagai gabungan dari kemampuan pengintai, penyusupan, pemantauan dan penafsiran nyang canggih. Pengintegrasian keempat kekuatan tersebut memberikan kemampuan yang tidak paralel bagi AS untuk mengirimkan pasukannya ke dunia. Paradoks atas kekuatan AS adalah kekuatan itu menjadi sumber kerentanan. Kekuatan yang tidak tertandingi tidak mampu memberikan keamanan. AS bergerak sendirian di dunia. Munculnya kerentanan seperti terorisme, tidak adanya kendali hukum, penyakit dan virus komputer  telah mnjadi ancaman terhadap kekuatan. Manusia hidup dalam semangat periode ketakutan dan keprihatinan. Peningkatan dan pencarian akan kekuatan juga akan memunculkan ancaman akan kerentanan.

Percepatan dan Dorongan Mundur Teknologi (Technology Acceleration and Pushback).  Perkembangan teknologi telah menjadi fenomena yang ada pada era ini. Para ahli mengembangkan bioteknologi, ilmu pengetahuan dan kognisi, mengerucutnya nanoteknologi dan molekuler serta perbaikan mutu kehidupan manusia. Perkembangan ini juga diiiringi dengan dorongan mundur dimana teknologi juga memberikan ketakutan seperti keprihatinan dalam bidang moral, keprihatinan atas resiko yang tidak pasti dan kecemasan tentang penyalahgunaan teknologi. Ketiga hal tersebut secara bersama sama menciptakan iklim yang semakin menakutkan dan mencurigakan.

Perekonomian Fisik dan Abstrak (Intangible and Physical Economies).  Munculnya fenomena perekonomian abstrak seperti perkembangan jasa telah menjadi suatu hal yang populer dan berpengaruh dalam kegiatan ekonomi. Perekonomian seperti pariwasata dan usaha jasa lainnya telah menggantikan ekonomi produksi. Pergeseran menuju perekonomian abstrak telah menciptakan kesempatan baru yang melimpah namun menghadirkan tantangan serius bagi ekonomi tradisional. Menjamurnya internet akan terus melemahkan model produksi dan transaksi perekonomian tradisional. Meningkatnya perekonomian juga mendesak meningkatnya kebutuhan yang berkaitan dengan infrastruktur.

Kemakmuran dan Kemerosotan (Prosperity and Decline). Perkembangan kehidupan juga yang ditandai dengan peningkatan kemakmuran oleh masyarakat di beberapa negara. Kemakmuran yang meningkat terutama di negara negara maju juga diiringi dengan peningkatan kemerosotan masyarakat di negara negara terbelakang. Hal ini mengakibatkan ketimpangan dalam tata kehidupan masyarakat dunia. Jurang pemisah atau polarisasi antara masyarakat yang memiliki pendapatan tinggi dan berpendapatan rendah semakin jelas. Hal inilah yang menjadi salah satu fokus perhatian.

Manusia dan Planet (People and Planet). Pertumbuhan penduduk dan peningkatan populasi dunia telah menjadi sebuah isu yang tidak bisa dilewatkan begitu saja, peningkatan jumlah penduduk juga disertai dengan munculnya kekhawatiran akan keberlangsungan bumi dan planet yang ditempati. Masalah perubahan iklim menjadi perhatian serius para pengambil kebijakan dan masyarakt di seluruh dunia.

Eamonn Kelly dalam bukunya mengupas dan menjelaskan tujuh ketegangan dinamis yang sedang terjadi. Bukan hanya melemparkan isu yang menjadi sebuah masalah, Kelly juga mengemukakan beberapa pendapat yang dapat menjadi solusi sebagai rencana yang dalam menentukan masa depan bangkit menghadapi tantangan baru. Pengorganisasian merupakan hal yang penting untuk mempersiapkan perubahan. Pengorganisasian dengan model “Menara” dan “Jaring” muncul sebagai suatu solusi yang ditawarkan. Model ini diimplementasikan melalui tata pemerintahan dan inovasi. Inovasi  yang dikemukakan Kelly dapat berkembang melalui proses pendidikan dan pembelajaran. Pendidikan dan pembelajaran merupakan faktor penentu keberhasilan di dunia masa kini yang cepat berubah. Tata pemerintahan yang dimaksud oleh Kelly adalah munculnya tata pemerintahan global dalam menghadapi dan memecahkan permasalahan global. Hal ini disebabkan karena persoalan yang bersifat transnasional tidak dapat diatasi dengan mudah oleh pemerintahan global. Tiga pendekatan dominan terhadap pencapaian koherensi dan tatanan global yakni: Hegemoni, keseimbangan kekuasaan (Balance of  Power) dan Multilaterisme.

Hegemoni merujuk pada kekuasaan yang sangat besar dari otoritas tunggal yang cenderung menuju ke status imperial. Amerika Serikat memainkan perannya sebagai kekuatan hegemoni pada saat ini. Terkait keseimbangan kekuasaan, munculnya China sebagai kekuatan baru dapat menjadi penyeimbang. Dalam pendekatan multilaterisme, didasarkan pada tercapainya penyatuan dan persetujuan melalui kepentingan dan kompromi timbal balik. Hal ini mencakup pengembangan sistem internasional. PBB menjadi sebuah model pendekatan multilateral. Disamping ketiga model pendekatan tersebut, Kelly juga mengemukakan munculnya super power kedua yakni warga dunia yang telah memainkan peran yang signifikan. Warga dunia akan memainkan peran dalam sistem pemerintahan global. Selain negara, wilayah, GO dan NGO, pemain baru yang memiliki pola dari bawah ke atas sedang ikut serta ambil bagian.

Yang manarik dari buku Powerful Times, Eamonn Kelly berusaha menyampaikan tentang skenario untuk dasawarsa berikutnya. Terdapat tiga skenario yang mungkin hadir yakni; Kemunculan (Emergences), Abad Amerika Baru (New American Century) dan Kekuasaan campuran (Patchwork). Ketiga skenario tersebut tidak terlepas dari keberadaan dan eksistensi Amerika Serikat sebagai kekuatan super power dunia. Kelly berpendapat pengaruh dan peran AS di dunia dapat melemah dalam beberapa dekade mendatang. Hal ini dikarenakan kekuatan ekonomi AS yang tidak pasti pada masa mendatang dengan utang konsumen pada level yang tinggi dan defisit anggaran yang terus bertambah. AS juga menderita kegagalan dalam perang global. Dunia harus dapat meramalkan masa depan tanpa kepemimpinan Amerika Serikat.

Eksistensi AS mempengaruhi munculnya skenario tentang dekade pada masa mendatang. Kemunculan (Emergences) adalah skenario tentang tidak adanya institusi tunggal. Model kekuasaan dan kepemimpinan tradisioal yang selama ini berkembang terbukti tidak cocok dengan tantangan dunia. Terdapat ketidakpercayaan akan kepemimpinan nasional. Masyarakat sipil dan NGO seperti LSM akan berpengaruh. Skenario berikutnya yakni Abad Amerika Baru (New American Century) dan Kekuasaan campuran (Patchwork) sangat terkait dan ditentukan oleh eksistensi AS. Jika pengaruh AS di dunia semakin bertambah maka akan berlaku Abad Amerika Baru (New American Century). AS menjadi kekuatan utama yang bersifat hegemoni dan mendominasi dalam seluruh aspek. AS menikmati banyak dukungan dari seluruh dunia. AS memimpin koalisi militer dan ekonomi. Hal yang berbeda akan terjadi jika pengaruh AS di dunia tidak bertambah, maka akan muncul Kekuasaan campuran (Patchwork).  Inilah masa depan dimanaa kekuaatan dan pengaruh geopolitik dan ekonomi dunia didistribusikan dan dimiliki bersama olehh berbagai kelompok internasional dan negara bangsa. AS menemukan dirinya dalam situasi yang melemah dan gagal menyediakan kepemimpinan unilateral dan membentuk dunia. Tatanan dunia akan multipolar dengan China, Eropa dan AS menjadi pemain utama.

Terakhir Kelly mengemukakan bagaimana usaha menciptakan masa depan global yang baru dan lebih baik. Paradoks akan kepemimpian dapat menjadi salah satu alternatif. Perubahan kepeminpinan agar lebih holistik dan menerapkan pandangan komprehensif yang sistemik terhadap dunia. Pemimpin harus belajar bertahan dalam situasi yang sulit. Penyusunan kembali tentang kepemimpinan dapat menciptakan pendekatan baru dalam memunculkan bakat pemimpin baru yang sangat dibutuhkan. Peran individu, penduduk, warga negara menjadi paling menentukan. Setiap individu harus memperluas rasa tanggung jawab nya, rasa kebersamaan dan mulai memperhitungkan kepentingan bersama.Masalah global tidak dapat dikendalikan oleh pemerintahan nasional. Individu, penduduk, warga negara yang bisa diharapkan untuk mendukung peningkatan kesadaran diri global dalam menentukan masa depan dunia.

            Menganalisa apa yang dikemukakan oleh Kelly dalam bukunya adalah suatu hal yang menarik. Skenario tentang apa yang akan terjadi di masa mendatang sangat penting bagi keberlangsungan tata kehidupan global. Setiap negara harus memperhatikan kondisi geopolitik, yang berarti kondisi yang berada di luar batas teritorial negara tersebut. Masalah masalah dalam lingkup global bukan hanya menjadi tanggung jawab negara negara besar, namun menjadi tanggung jawab segenap individu atau manusia.

Dalam bukunya selain mengemukakan berbagai ketegangan tentang apa yang terjadi dewasa ini, juga menawarkan solusi dan pemecahan yang sangat berguna bagi masa depan dunia. Kelly terlalu terfokus pada Amerika sebagai sebuah kekuatan dunia, walaupun dia berpendapat dominasi Amerika Serikat akan berkurang. Tidak bisa kita pungkiri, ketika membicarakan tentang masa depan dunia, keberlangsungan umat manusia, masalah interaksi negara-negara dalam sistem internasional Amerika Serikat akan menjadi bagian dari pembicaraan tersebut. Amerika Serikat terlalu kuat untuk dilemahkan dan dikucilkan dalam setiap diskusi dan proses pembelajaran walaupun dominasinya mulai berkurang. Apa yang dikemukaan oleh Kelly juga menjadi sebuah kenyataan pada masa ini dimana kekuatan ekonomi Amerika Serikat sedang mengalami kelemahan akibat defisit dan penurunan peringkat utang Amerika Serikat. Kemajuan China, India, Brazil  dan negara negara berkembang lainnya dapat menjadi sebuah ancaman dan penyeimbang kekuatan agar sistem politik internasional menjadi lebih stabil. Peningkatan aktor lain seperti NGO (Non Goverment Organization) yakni LSM, MNC bahkan individu dalam konteks global dewasa ini dapat menjadi sebuah penggenapan skenario  Kemunculan (Emergences) yang dikemukanan Kelly. Masalah global membutuhkan partisipasi dan peran serta segenap elemen individu, warga negara dalam menentukan masa depan dunia kedepannya.

 

 

Referensi

Kelly, Eamonn. Powerful Times: Rising to The Challenge of Our Uncertain World. New    Jersey: Wharton School Publishing. 2006.

Categories: Catatan Kuliah | Tags: , , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.